Trik & Cara Selamatkan HP Jatuh Kedalam Air Paling Ampuh

Kita tidak bisa memprediksi kecelakaan kapan dan dimana bisa terjadi, termasuk ketidaksengajaan ketika menjatuhkan ponsel anda kedalam air. Pasalnya ponsel merupakan perangkat elektronik tulen yang sudah tentu menjadi masalah besar jika bersentuhan dengan media bernama air. Tapi anda tidak perlu panik, karena jika hal itu terjadi ada beberapa cara untuk menyelamatkan ponsel anda dari korsleting. Berikut adalah caranya.

Sudah tentu anda harus segera mungkin mengangkat ponsel dari genangan air untuk mengurangi volume air yang masuk kedalam ponsel. Setelah ponsel dikeluarkan dari dalam air, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Hal yang tidak boleh dilakukan

  • Sebisa mungkin jangan langsung menyalakan ponsel
  • Jangan menekan tombol apapun kecuali untuk mematikan ponsel
  • Jangan menggoyangkan ponsel, atau memberikan guncangan berlebih
  • Jangan meniup ponsel yang masuk kedalam air untuk dikeringkan
  • Jangan memanaskan ponsel
  • Jangan mendinginkan ponsel begitu saja

Hal yang perlu dilakukan

  1. Segera matikan ponsel
  2. Copot baterai, casing, kartu SIM bahkan microSD
  3.  Pada beberapa ponsel hal ini tidak dapat dilakukan maka cukup dilap kering saja
  4. Lap keseluruhan bagian ponsel menggunakan lap kering. Sebisa mungkin keringkan semua bagian yang menurut anda masih terdapat banyak air bahkan pada slot-slot yang terdapat pada tubuh ponsel. Setelah yakin ponsel kering, lanjutkan pada tahap berikutnya
  5. Jika air yang masuk dirasa begitu banyak, anda bisa menggunakan alat seperti vacuum cleaner untuk menyedot buih-buih air didalam ponsel untuk memastikan bahwa ponsel sudah benar-benar kering.
  6. Hal ini yang menurut kami memegang peranan penting, kubur ponsel anda pada sebuah wadah tertutup yang didalamnya berisi beras. Beras memiliki kemampuan untung menyerap air yang masih tersisa pada ponsel. Wadah tertutup bertujuan agar uap air yang keluar langsung diserap oleh beras.
  7. Biarkan ponsel didalam wadah tersebut sekitar satu atau dua hari. Jangan pernah mencoba untuk menyalakan ponsel, anda harus bersabar pada tahap ini.
  8. Setelah beberapa hari, anda bisa mengeluarkan ponsel dari wadah tersebut dan mencoba untuk menyalakannya/
  9. Jika ponsel belum mau menyala, coba lakukan pengisian baterai. Jika baterai tidak mau terisi, bisa jadi baterai rusak karena air. Coba pinjam baterai atau jika mempunyai dana anda bisa membeli baterai baru. Coba hidupkan kembali menggunakan baterai yang berbeda.
  10. Jika ponsel berhasil dinyalakan dan bekerja sebagaimana mestinya, anda tetap harus waspada dan memerhatikan hal-hal yang diluar kebiasaan. Coba tes semua hardware yang ada pada ponsel seperti audio, kamera, dll.

Tahap terakhir adalah memastikan semua fungsi ponsel bekerja normal, jika memang ada beberapa hal yang tidak berfungsi mau tidak mau anda harus melakukan service lanjutan pada bagian yang rusak tersebut.