Tips Penting Sebelum Membeli Hp Android Bekas yang Berkualitas

Tips membeli hp android bekas – Membeli hp bekas dapat menghemat uang sobat daripada membeli baru, tapi hal tersebut dibarengi dengan resiko karena kondisi bekas pakai tidak luput dari beberapa kerusakan yang perlu sobat perhatikan. Sehingga sobat perlu memastikan kondisi hp bekas yang hendak sobat beli dalam kondisi yang baik serta bukan hp curian.

Produsen hp setiap tahun merilis model terbaru, keinginan untuk upgrade ke produk yang lebih baru menjadi ego dasar setiap orang. Dari situ sobat memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga murah untuk membeli ponsel versi sebelumnya, asal sobat cukup percaya diri dan yakin bahwa produk yang terbaru tidak melulu bagus.

tips-membeli-android-bekas

Cari Harga Terbaik

Membeli ponsel bekas berarti uang yang dikeluarkan tidak begitu besar, tapi sobat tetap harus mencari dengan seksama pasaran harga untuk ponsel incaran sobat. Caranya cukup mudah, sobat bisa melihat di online marketplace berapa harga pasaran yang dijual kebanyakan orang saat ini.

Ketika melihat banyak ponsel yang dijual, janngan tergiur dengan harga yang sangat murah. Pastikan bahwa tidak ada kerusakan atau hal lain yang menyebabkan harga jual produk tersebut murah. Harga jual juga dipengaruhi tahun produksi serta pemakaian, sangat wajar jika harga bekas 75% dari harga baru selama kondisinya baik.

Pastikan semua aksesoris yang hadir pada paket pembelian baru secara lengkap disediakan oleh penjual, jika tidak lengkap bisa digunakan untuk negosiasi harga menjadi lebih murah. Semakin lengkap barang yang dijual beserta aksesorisnya, makan semakin tinggi harganya.

Tempat Yang Tepat Untuk Membeli Android Bekas?

Saat ini konsumen dimudahkan untuk berbelanja, tidak melulu pergi ke toko tapi dengan aplikasi e-commerce sudah bisa berbelanja dengan nyaman. Beberapa tempat untuk mencari ponsel Android bekas adalah:

  • Sosial Media
  • Marketplace / E-commerce / Forum

Sosial media seperti facebook, didalamnya terdapat banyak grup FJB (Forum jual beli) yang bisa digunakan untuk mencari hp Android bekas idaman. Biasanya grup-grup tersebut dibuat berdasarkan daerah/regional sehingga memungkinkan untuk bertemu langsung dengan penjual setelah deal harga di grup.

Sedangkan untuk Marketplace / E-commerce diantaranya ada OLX, Kaskus, Bukalapak, Tokopedia, dll. Meskipun kebanyakan ponsel baru yang dijual, tapi sangat memungkinkan ada yang menjual ponsel bekas. Tapi kelemahannya adalah jika lokasi penjual jauh dari kota sobat, ponsel tidak dapat di cek secara langsung.

Cek Secara Teliti Ponsel Android Bekas yang hendak dibeli

Biasanya hal ini dilakukan ketika bertemu dengan penjual. Sebaiknya bawa beberapa hal ini:

  • Charger milik pribadi (bukan bawaan ponsel penjual)
  • Laptop
  • Kartu SIM
  • MicroSD
  • Earphone atau sejenisnya

Lakukan beberapa hal berikut ketika melakukan cek terhadap ponsel bekas:

  1. Cek Fisik. Perhatikan semua bagian luar ponsel dengan seksama. Apakah ada baret, bekas benturan, bagian body yang patah dan sebagainya. Pastikan sobat puas dengan kondisi ponsel. Santai dan jangan terburu-buru.
  2. Cek Port. Gunakan earphones yang sudah dibawa tadi untuk mengetes apakah port jack 3.5mm berfungsi atau tidak. Colok charger yang sobat bawa tadi, pastikan berjalan dan terisi baterainya. Cek semua aksesoris yang hadir bersamaan dengan ponsel tersebut.
  3. Cek Jaringan. Gunakan SIM yang sobat bawa pada ponsel tersebut, lakukan SMS, internet, Wifi, telepon, dan lainnya. Pastikan semua koneksi nirkabel berjalan lancar.

Setelah melakukan setidaknya tiga hal diatas, sedikit banyak sobat sudah mengetahui kondisi ponsel tersebut. Selanjutnya adalah menentukan apakah sobat akan membelinya atau tidak? Hal ini bersifat subyektif, jadi pikirkan baik-baik dan langsung deal dengan penjual.

Semoga tips dan trik membeli hp android bekas diatas bermangfaat ya. 😀