Tips Ampuh Mengatasi Kehabisan Memori Internal Pada Smartphone Android

Mengatasi memori penuh pada hp android – Pada awal tahun 2000an, kebutuhan penyimpanan data tidak segila sekarang. Jika saat itu memory penyimpanan sebesar 512MB sudah dianggap besar, sekarang 512GB pun masih terbilang kecil di tahun 2016 ini. Sebagai penikmat ponsel pintar sobat pasti pernah merasakan kehabisan memory ketika hendak menyimpan file penting atau berfoto ria?

Kalau iya, bukan sobat saja yang mengalami hal tersebut. Banyak orang diluar sana pun merasakan hal yang sama, smartphone yang katanya “pintar” ternyata tidak cukup pintar mengatur alokasi penyimpanan data di dalam dirinya sendiri. Ini terlihat dari banyak kasus ponsel yang tiba-tiba kehabisan memori internal.

Hasil gambar untuk Google Drive

Khususnya ponsel Android, setiap kali sobat menjepret foto, mengunduh pembaruan melalui Play Store, Map Offline, menyimpan Games berukuran raksasa, hingga hal kecil lain membuat ponsel pintar sobat semakin penuh hari ke hari.

Selain membuat smartphone android sobat lambat, penyimpanan yang penuh membuat ponsel sobat tidak dapat melakukan pembaruan, mengambil foto dan tugas lain yang dibutuhkan sehari-hari. Nah, berikut kami ulas tips mengatasi memori internal penuh pada ponsel Android.

Membersihkan Penyimpanan Internal

Penyimpanan internal biasanya di penuhi oleh 3 (tiga) hal ini:

  • Data Aplikasi
  • Data Cached (Cache sistem, Cache Aplikasi)
  • Data User (Foto, Video, Musik, dll)

Untungnya, kita dapat mengontrol ketiga hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mencari aplikasi yang tidak digunakan, cache yang membludak, dan file tidak penting / tidak terpakai, lalu hapus semuanya. Tapi kalau sobat cukup malas melakukan hal manual seperti diatas, gunakan aplikasi bantuan agar lebih mudah. Diantaranya:

  • SD Maid – System Cleaning Tool

Download Gratis SD Maid Disini

  • ES File Explorer – File Manager

Download Gratis ES File Disini

Kalau sobat cukup takut kehilangan data ketika ‘bersih-bersih’, sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu. Tidak perlu semua folder, cukup data yang terletak di Musik, Video, dan Foto (DCIM) ke komputer pribadi. Untuk melakukan backup cukup mudah, tinggal colokan kabel USB dari ponsel ke komputer.

Gunakan microSD

Meskipun saat ini banyak pabrikan smartphone yang membatasi kapasitas penambahan memori eksternal bahkan menghapus slot memori eksternal entah karena alasan apa, bukan berarti sobat tidak dapat mengandalkan barang berukuran kecil ini.

Jika ponsel sobat terdapat slot microSD, gunakan itu untuk menyimpan data multimedia. Sedangkan jika tidak terdapat slot microSD jangan khawatir, sobat bisa menggunakan USB OTG atau microSD adapter.

Beralih ke Cloud

Kalau sobat ingin lebih menghemat biaya daripada membeli microSD sobat bisa menggunakan layanan Cloud. Meskipun layanan ini beberapa ada yang berbayar tapi itu hanya untuk ekspansi penyimpanan dan fitur-fitur kompleks. Kalau hanya untuk menyimpan data saja biasanya tersedia secara gratis. Berikut ini beberapa penyimpanan Cloud yang bisa sobat gunakan:

Selain layanan diatas, masih banyak lagi yang bisa sobat gunakan. Dengan secara berkala membersihkan data ponsel Android, beralih ke cloud, menggunakan eksternal memori, ponsel sobat sudah aman dari kehabisan penyimpanan. Jadi jangan sampai momen berharga sobat tidak tersimpan karena kehabisan media penyimpanan. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *