Ternyata begini cara scan gambar menjadi teks di android

Mungkin anda pernah mengambil foto pada sebuah tulisan pada buku atau koran yang menurut anda cukup penting dan menarik. Lalu sesampainya dirumah anda ingin menyalin teks yang ada pada gambar tersebut menjadi file word sehingga anda bisa mengutipnya atau mengeditnya lebih jauh. Namun permasalahan yang ditemukan adalah teks pada gambar tersebut terlalu banyak, jika anda mengetik ulang seluruh teks tersebut sudah jelas menyita banyak waktu. Permasalahan tersebut dapat dengan mudah di atasi dengan memanfaatkan aplikasi OCR (Optical Character Recognition) untuk scan teks dari gambar.

Aplikasi OCR berguna untuk mengambil teks pada sebuah gambar yang sudah anda foto sebelumnya. File output dari aplikasi ini biasanya berekstensi .txt atau .doc (Word), sehingga anda bisa memiliki versi digital dari teks yang anda konversi dari gambar. Hal ini biasanya berguna bagi para pelajar jika mereka cukup malas untuk mengetik ulang materi pelajaran, cukup mengambil gambarnya lalu merubahnya menjadi teks.

Di Google Play, banyak aplikasi yang mendukung OCR. Rupanya para pengembang aplikasi begitu peka terhadap permasalahan ini. Ada beberapa aplikasi yang menurut kami cukup baik dalam menjalankan tugasnya sebagai aplikasi OCR.

Google Keep

Ketika google meluncurkan sebuah aplikasi atau layanan, anda pasti percaya bahwa perusahaan raksasa tersebut akan menjalankannya dengan hampir sempurna. Google Keep merupakan aplikasi milik Google untuk mencatat layaknya notepad pada Windows. Uniknya, Google Keep memiliki fitur OCR didalamnya. Saat menggunakan Google Keep, data didalamnya akan otomatis di sinkronisasi dengan gadget lain yang juga terinstal Google Keep. Sederhananya, anda bisa mengambil gambar yang berisi teks menggunakan android, lalu scan gambar tersebut menjadi teks dan buka file teksnya di PC anda untuk tindakan lebih lanjut. Sempat beberapa kali kami mencoba, hasilnya Google Keep memiliki kemampuan yang cukup akurat. Namun karena dasarnya adalah aplikasi catatan, jadi perlu melalui berbagai step untuk bisa melakukan OCR. Anda bisa mencobanya, mengingat Keep gratis, tanpa iklan dan bisa diakses dimana saja.

Office Lens

Selanjutnya ada sebuah aplikasi milik Microsoft, yaitu Office Lens. Microsoft sendiri cukup sukses dengan Microsoft Officenya dalam hal aplikasi kantoran, tentu aplikasi OCR juga perlu dimiliki microsoft untuk menunjang proses editing teks dari gambar. Office Lens sendiri merupakan aplikasi yang cukup sederhana ketika digunakan, ketika dibuka aplikasi ini langsung pada mode pengambilan gambar yang menyimpan hasil pengambilan gambar pada folder tertentu dan selalu siap untuk di konversi menjadi teks. Hasil dari Office Lens akan memiliki ekstensi yang cukup kompatibel untuk dibuka di Microsoft Office. Pembaruan terbaru dari Office Lens memungkinkan anda tidak hanya mengkonversi dari gambar yang berisi teks buatan digital, tapi tulisan tangan pada secarik kertas pun kabarnya bisa dibaca oleh aplikasi ini.