Ternyata Begini Cara Melepas Micro SD Android yang Benar & Aman

Pada beberapa ponsel Android, terdapat slot storage yang bisa di lepas pasang jika memori internal sudah tidak sanggup untuk menyimpan data. Biasanya storage ini berbentuk Micro SD, dan dapat menyimpan data seperti foto, video, musik, dan lainnya.

Ukuran micro SD sendiri begitu kecil. Micro SD juga dapat anda masukkan ke PC dengan adapter khusus semacam Card Reader, sehingga memudahkan untuk pemindahan data melalui PC.

Awalnya, banyak yang mengatakan untuk secara aman mencopot SD-Card dari Android adalah dengan mematikan ponselnya terlebih dahulu atau bisa langsung mencopotnya dalam keadan ponsel menyala tanpa ada masalah apapun.

Namun, disisi lain banyak juga yang mengatakan jika kita akan meremove sebuah storage device baik pada PC maupun Gadget terlebih dahulu kita perlu melakukan unmounting. Melakukan unmount tidak hanya mengamankan dari kehilangan data, tapi disconnect SD Card secara sistem terlebih dahulu akan jauh lebih baik.

Bagaimana Unmount SD Card di Android?

Pada home screen, silahkan masuk ke menu Pengaturan. Menu Pengaturan bisa anda akses melalui notification bar atau dengan App Drawer.

Di halaman Settings, buka opsi Storage.

Dihalaman ini anda bisa menscroll ke bagian paling bawah layar, temukan opsi Unmount SD Card. Lalu silahkan anda tap dan pilih OK pada pop-up yang muncul.

SD card secara otomatis akan terputus secara sistem, dan akan muncul notifikasi yang mengatakan bahwa SD Card saat ini bisa di remove dengan aman. Sekarang anda bisa mencopot Sd Card dari ponsel dan tidak perlu ketakukan kehilangan data. Karena android anda sudah tidak menganggap SD card itu ada, jadi tidak akan melakukan scanning terhadap SD card lagi setelah di unmount.

Jika kedepannya anda ingin memasang SD Card, terlebih dahulu pasang SD card ke ponsel anda melalui slot yang tersedia. Lalu kembali masuk ke menu Settings > Storage > dan pilih Mount SD Card. Menu ini hanya tersedia jika anda telah melakukan unmount SD Card.

Cara diatas menurut kami adalah yang paling aman untuk memutuskan koneksi antara device android dan SD Card. Hal tersebut adalah langkah antisipasi terhadap kehilangan data. Selamat mencoba.