Mudahnya Cara Menghidupkan Senter hp (Lampu hp) di Android

Terkadang, kita berada pada situasi dimana membutuhkan cahaya secara instan dan cepat misalnya untuk mencari benda-benda yang hilang, atau terjadi pemadaman di lingkungan rumah kita, dan sebagainya. Untungnya sekarang ponsel android yang setiap orang pasti memegangnya saat ini memiliki fitur flashlight atau senter. Secara default menyalakan senter pada ponsel android cukup rumit, ktia perlu masuk ke menu terlebih dahulu lalu mentap tombol flash light. Berikut akan kami tunjukkan bagaimana untuk menyalakan senter pada android dengan cepat dan mudah. Lihat cara merubah android jadi kaca pembesar disini.

Menekan tombol power

Saat anda memegang ponsel anda dalam keadaan terkunci, cara paling cepat dan efisien untuk menyalakan senter adalah dengan aplikasi Power Button Flashligt/Torch. Jika anda menginstal aplikasi tersebut, yang anda butuhkan untuk menyalakan senter di ponsel adalah dengan menekan tombol power sebanyak tiga kali. Senter pun akan menyala dengan cepat, tanpa ribet.

Menggunakan tombol volume

Jika tombol power anda bukan tombol yang efektif untuk digunakan sebagai shorcut menyalakan senter, anda bisa menggantinya dengan memanfaatkan tombol volume sebagai shortcut. Ada aplikasi bernama Torchie di play store, aplikasi ini membuat tombol volume menjadi saklar on off senter di ponsel android. Setelah di instal, aplikasi ini perlu mendapat perizinan dari Accessibility di android anda. Jika anda ingin menggunakannya ketika layar mati, anda hanya perlu untuk mengaturnya di halaman settings torchie.

Menggoyangkan ponsel / shake

Menekan tombol terus menerus mungkin bisa mengakibatkan fungsi tombol bisa cepat rusak. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi, metode menggoyangkan ponsel mungkin bisa jadi alternatif. Sehingga tidak ada tombol yang perlu di gunakan terus menerus. Anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi bernama Shake Flashlight di play store.

Penggunaannya cukup mudah, anda tinggal menggoyangkan ponsel untuk mematikan atau menyalakan senter. Jika sensiifitasnya dirasa kurang, bisa di atur terlebih dahulu di dalam pengaturan aplikasi ini.

Menggunakan widget khusus

Ketiga cara diatas memang bisa menjadi metode paling cepat dan mudah. Tapi ada kemungkinan senter nyala dengan tidak sengaja yang akan berdampak pada borosnya baterai ponsel. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menginstal aplikasi Flashligt Widget. Pada prakteknya pada layar ponsel anda akan muncul sebuah widget kecil (shortcut) yang bisa anda tap untuk menyalakan senter. Tempatkan widget dihalaman yang menurut anda bisa terjangkau dengan cepat.

Menyalakannya dengan otomatis

Mungkin sedikit aneh, tapi hal ini memang benar adanya. ada aplikasi bernama Ambient LED Flashlight di play store. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk bisa menyalakan senter secara otomatis ketika lampu padam / gelap. anda perlu mengatur terlebih dahulu kegelapan seperti apa yang akan menyalakan senter ponsel, setelah itu tidak ada yang perlu di atur lagi. Senter akan nyala secara otomatis ketika lampu padam / gelap.