Ternyata Begini Cara Agar hp Android tidak Cepat Rusak

Tips agar android tidak cepat rusak – Halo sobat, masih dengan Blog Hiqam lagi dimana kita akan terus membahas mengenai Android dengan segala kecanggihannya. Kali ini Blog Hiqam akan membahas mengenai bahayanya kebiasaan buruk yang bisa membuat smartphone sobat rusak atau mati total, bahasa gaulnya adalah MATOT. 😀

eraocsoen_2015-11-05_21-40-00

Gambar oleh Instagram.com/eraocsoen

Apa saja sih kebiasaan buruk itu. Apa sobat penasaran? yuk kita bahas pada artikel ini biar sobat tahu bagaimana cara merawat smartphone android yang tepat itu seperti apa. Silahkan disimak baik-baik ya.

 

4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa membuat HP android Rusak

  1. Mengecas Smartphone Terlalu Lama

Tips agar android tidak mudah rusak yang pertama yaitu menghindari mengecas atau mencharge Smartphone terlalu lama atau melebihi batas isi prosedur untuk daya kapasitas baterai sebuah smartphone. Nah, jika kapasitas baterai smartphone sobat misalkan saja 2000 mAh maka sobat hanya perlu waktu sekitar 1-2 jam saja untuk pengisian daya baterai. Dan jika sudah penuh langsung lepas Charge dari Colokan HP. Jangan sampai berjam-jam. Bisa bahaya kalau terlalu lama, bisa-bisa baterai akan kembung dan meledak.

 

  1. Menggunakan Charge Abal-abal

Jika charger asli dari pabrikan rusak atau hilang, belilah charger resmi yang sama dengan merk HP android sobat. Jangan sekali-kali menggunakan charger abal-abal alias palsu karena tergoda akan harganya yang lebih murah dibandingkan charger asli. Charger original memang berfungsi saat digunakan untuk mengisi daya baterai pada ponsel android. Namun, tegangan atau voltase yang dimiliki tiap smartphone android bisa berbeda-beda.

Jika sobat tetep kekeh menggunakan charger abal-abal, maka ponsel android sobat lama-lama akan rusak bahkan meledak. Iya meledak, nggak percaya? Tentunya sobat pernah mendengar berita tentang meledaknya ponsel android gara-gara memakai chargel tidak asli saat mengisi daya baterai.

Untuk itu, demi keselamatan diri sendiri juga ponsel sobat, lebih baik menggunakan charger resmi dari merk ponsel android sobat. Selain menggunakan charger yang tidak asli, penggunaan power bank secara rutin juga tidak disarankan, karena tegangan yang dimiliki oleh sebuah ponsel sering tidak sesuai dengan power bank.

 

  1. HP Tidak Pernah Dimatikan

Untuk cara merawat hp android agar tahan lama selanjutnya yaitu mematikan hp. Tahukan sobat bahwa smartphone itu juga perlu dimatikan sejenak untuk menyegarkan atau mendinginkan mesin yang panas. Layaknya PC atau laptop yang digunakan sangat lama. Pastinya akan cepat panas dan bisa mengakibatkan smartphone menjadi lebih panas bukan.

Itulah kenapa Jika smartphone tidak dimatikan maka aplikasi yang mempunyai Mode Berjalan akan terus berjalan di smartphone android sobat. Oleh karena itu, matikan smartphone sobat sejenak untuk mendinginkan Proseccor yang berkerja seharian.

 

  1. Mengoperasikan ponsel Saat di Charge

Yang keempat yaitu menggunakan smartphone saat di Charge atau di cas sehingga menimbulkan baterai sulit untuk terisi. Karena di barengi dengan menggunakan atau menjalankan aplikasi yang berat. Terutama menggunakannya untuk bermain games dan lain sebagainya yang bisa membuat smartphone cepat rusak dan mengalami konslet.

Demikian beberapa cara merawat hp android agar tetap awet. Semoga sukses dan selamat mencoba, pastikan sobat paham akan kinerja smartphone sobat. Terimakasih sudah berkunjung. Oia, jika koneksi internet sobat sering lelet silahkan baca cara mempercepat koneksi internet di HP Android. 😀