Ini Cara Scan Dokumen Di Android

Di era digital seperti sekarang, sudah semestinya kita memanfaatkan segala sesuatunya dengan efektif dan efisian terutama gadget yang kita bawa sehari-hari yakni smartphone. Kehadiran smartphone sangat membantu setiap individu maupun kelompok untuk menyebarluaskan informasi secara cepat, juga melakukan pekerjaan sehari-hari.

Pernahkah anda membayangkan semua dokumen yang ada dikantor anda disimpan dalam bentuk digital pada smartphone anda? Tentu hal ini akan memberikan banyak keuntungan, seperti membuat meja kerja anda bersih dan dokumen-dokumen penting lebih mudah dicari dan tersimpan dengan aman.

Hal tersebut bisa anda lakukan dengan men-scan dokumen-dokumen tersebut langsung menggunakan ponsel android anda. Anda hanya memerlukan aplikasi Google Drive yang bisa di unduh melalui Google Play secara gratis. Data yang disimpan juga terletak di internet (server Google), jadi tidak akan menghabiskan memori internal dari Android anda.

1

Pertama, silahkan buka aplikasi Google Drive dan buat sebuah folder khusus untuk menyimpan dokumen hasil scan. Agar lebih mudah, buat folder dengan nama ‘Scan’.

2Untuk melakukan scanning dokumen, silahkan tap tombol bertanda ‘+’ lalu pilih menu ‘Scan’ dengan gambar kamera.

Setelah itu kamera pada ponsel anda akan terbuka, dan anda sudah bisa langsung melakukan scan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika melakukan scan dokumen menggunakan Google Drive:

  • Menggunakan background kontras: Jika anda hendak menscan dokumen berwarna kertas putih, lakukan pada alas berwana gelap atau hitam. Sehingga kamera ponsel akan lebih mudah menscan dokumen anda.
  • Potret dari atas dokumen: Kalau anda menginginkan angle yang sempurna saat monscan dokumen menggunakan kamera, coba potret dari atas dokumen tersebut. Kalau bisa letakkan dokumen di permukaan datar seperti lantai.
  • Coba lagi dan lagi: Percobaan pertama tidak selalu berhasil, jika merasa kurang pas dari hasil scan pertama anda bisa coba lagi dan lagi.

4

Setelah memahami beberapa tips diatas, sekarang coba ambil beberapa foto pada dokumen yang hendak anda scan. Sebelum anda menyetujui apakah dokumen tersebut akan disimpan atau tidak, anda akan ditampilkan previewnya terlebih dahulu. Setelah merasa cukup puas anda bisa menyuntingnya dengan beberapa opsi berikut:

6

  • Crop: Mungkin anda sudah paham, yaitu membuang beberapa bagian dari hasil foto yang menurut anda tidak perlu.
  • Color Palette: Secara default, Google Drive akan menerapkan warna hitam putih pada setiap dokumen yang anda scan. Tapi anda bisa merubah menjadi berwarna seperti dokumen aslinya. Beberapa opsi warna pada aplikasi ini diantaranya ada: None; Black & White, Color, dan Color Drawing), jadi pilih secara bijak yang menurut anda pas dan suka.
  • Overflow Button: Di pojok kanan atas terdapat tombol untuk menampilkan opsi-opsi lain seperti Delet, Rename, Rotate, dan Settings. Didalam menu Settings anda akan disuguhkan opsi seperti Image Enhancement, Paper Size, Orientation, dan Image Quality.

7

Setelah semuanya cocok dengan keinginan anda, dokumen hasil scan tersebut bisa langsung anda simpan dengan menekan tombol ceklis pada bawah layar. Google Drive secara otomatis akan menyimpan dokumen tersebut pada folder ‘Scan’ yang sudah dibuat di awal tutorial ini.