Cara Menggunakan Google Translate Offline (Tanpa Data) di Android

Google memungkinkan kita untuk menggunakan Google Translate tanpa koneksi Wi-Fi atau paket data di perangkat android. Lebih dari 8 bahasa sudah siap di gunakan pada Translate Offline, apakah indonesia termasuk? Kita sudah melihat kemampuan Google Translate akhir-akhir ini, dan aplikasi ini selalu menampilkan performa yang menakjubkan. Penggunaan google translate pada keseharian sangat memudahkan kita untuk menerjemahkan apapun (khususnya bahasa) dengan cepat.

Anda bisa merekam seseorang yang sedang berbicara pada bahasa asing dengan Google translate, pada waktu bersamaan akan muncul terjemahan dari bahasa orang yang anda rekam tersebut. Jika anda kesulitan untuk memesan makanan berbahasa Jepang, cukup gunakan translate kamera dan sorot bahasa jepang, secara langsung arti dari bahasa tersebut akan muncul. Atau cukup ketikkan bahasa-bahasa asing yang tidak anda mengerti, dan voila google translate memberikan informasi arti dari bahasa tersebut. Menggunakan google translate seperti memiliki penerjemah yang menguasai 103 bahasa.

Informasi terbaru Google translate dikembangkan lebih lanjut dengan kemampuan machine learning, sekarang aplikasi tersebut bisa menerjemahkan satu kalimat dengan hasil yang lebih manusiawi dan tidak terkesan robot (kaku). Selain itu pihak Google sendiri telah membuat aplikasi ini mampu di operasikan tanpa koneksi internet atau offline. Bagaimana caranya? Simak ulasan kami berikut ini.

  • Untuk menggunakan Google Translate offline, anda perlu mendownload aplikasi Google Translate di perangkat Android anda. Jika belum menginstal aplikasi tersebut, silahkan buka Google Play Store terlebih dahulu dan download aplikasinya. Setelah selesai, hubungkan perangkat Android anda ke WiFi atau paket data 4G dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Di dalam aplikasi, tap tombol opsi pada pojok kanan atas dan pilih Settings.
  • Setelah menu Settings terbuka, pilih menu Manage Offline Languanges.
  • Pada bagian tersebut terdapat dua bagian, yaitu Installed dan All. Bagian Installed menampilkan bahasa yang sudah di download dan bisa digunakan tanpa koneksi internet,  sedangkan bagian All menampilkan bahasa-bahasa lain yang bisa anda download untuk di gunakan secara offline. Untuk menghapus bahasa yang tidak dibutuhkan tinggal tap unpin pada bagian sebelah kanan.
  • Untuk mendownload bahasa baru untuk digunakan secara offline, temukan bahasa yang anda inginkan lalu tap ikon pin sebelah kanan. Selanjutnya anda akan diberikan informasi mengenai besaran size yang perlu di download. Jika anda setuju, maka proses download akan segera di mulai. Ukuran bahasa biasanya berkisar antara 150MB hingga 200MB.
  • Anda bisa melihat proses download di notifikasi bar perangkat android anda, waktu yang dibutuhkan untuk mendownload tergantung pada koneksi internet yang anda gunakan.
  • Jika anda ingin membatalkan download, masuk ke halaman daftar bahasa lalu tap pada ikon Pin dan pilih Yes untuk membatalkan download.
  • Jika download yang anda lakukan selesai, maka bahasa tersebut sudah bisa anda gunakan secara offline. Selamat mencoba.