Begini cara mengecilkan ukuran video di android yang mudah

Merekam video dengan resolusi tinggi (high definition) pada Android dengan pengaturan paling tinggi dapat menyebabkan hasil output video anda berukuran besar. Sebagai contoh, video dengan durasi hanya 30 detik mungkin bisa memiliki ukuran file mencapai 15-20 MB. Meskipun media penyimpanan saat ini bukan menjadi masalah, dalam artian kita bisa memiliki storage yang sangat besar, kebanyakan dari kita tidak begitu peduli dengan ukuran file baik itu foto atau pun video. Tapi, ketidakpedulian hal itu mungkin menjadi boomerang bagi kita pribadi ketika hendak mengirimkan file video tersebut melalui aplikasi chat seperti WhatsApp yang membatasi pengiriman paling besar hanya 12MB saja. Lalu bagaimana solusinya?

WhatsApp mungkin bisa dengan pintar secara otomatis mengatur gambar yang dikirim di dalam aplikasi tersebut untuk menyesuaikan sizenya sehingga optimal untuk penggunaan mobile dan ringan ketika diunduh. Tapi fitur tersebut tidak berlaku untuk file berjenis video.

Mungkin beberapa dari anda berfikir bahwa aplikasi untuk mengkompresi video menjadi lebih kecil banyak tersedia pada platform windows, namun sepertinya sekarang yang dibutuhkan anda sesuatu yang instan dan cepat. Dengan kemampuan android yang hampir menyamai PC, proses kompresi pun bisa dilakukan di android itu sendiri, jadi tidak perlu repot untuk melakukan transfer data melalui kabel atau wifi. Namun, tentu diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses ini, aplikasi tersebut bernama Video Converter App.

Di Play Store mungkin terdapat banyak aplikasi serupa dengan fungsi sama, namun kebanyakan tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik juga banyak fitur yang hilang untuk sebuah aplikasi converter. Video Converter App hadir dalam dua versi, yaitu Lite dan Pro. Versi Pro hadir dengan beberapa fitur yang secara otomatis bisa menentukan ukuran video yang kita inginkan. Jadi ketika kita memilih video yang hendak di convert, akan ada pilihan berapa ukuran output yang diinginkan, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah anda melakukan instalasi Video Converter di ponsel android anda, buka aplikasi tersebut dan import video yang ingin anda kecilkan ukurannya. Setelah anda memilih video yang anda inginkan, tap tombol convert yang ada di bagian bawah aplikasi.

Selanjutnya pilih profile Manual untuk melakukan convert pada video dan menurunkan resolusinya. bitrate, serta fps pada video tersebut. Kami merekomendasikan ukuran yang menurut kami cukup bagus dengan hasil yang mirip seperti aslinya, yaitu 176 x 144 piksel, 800 bitrate, dan FPS sebesar 24 per detik. Biarkan pengaturan lain seperti semula tidak perlu ada yang dirubah.

Aplikasi ini selanjutnya akan memproses video yang dipilih beserta pengaturan yang sudah ditentukan sebelumnya. Proses convert akan berjalan sekitar beberapa menit, tergantung seberapa besar video awal yang di convert. Setelah prosesnya selesai, anda bisa melihat outputnya di menu Gallery ponsel anda dan sekarang bisa anda bagikan ke media sosial atau whatsapp tanpa perlu kawatir akan ukurannya.