Begini Cara kompres / mengecilkan ukuran foto di android

Tidak hanya berkomunikasi, Smartphone android merupakan sebuah devices yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam data seperti foto, musik, video, bahkan dokumen pekerjaan yang bisa anda sunting di manapun dan kapanpun. Data-data tersebut biasanya disimpan pada memori eksternal seperti SD card dengan memasukkannya terlebih dahulu ke slot yang tersedia pada android. Memori eksternal pun sudah bisa menampung banyak data hingga lebih dari 50GB. Anda beruntung jika memiliki android yang menyediakan slot SD card tapi kalau tidak ada bagaimana solusinya? Memang benar saat ini tidak semua ponsel android memiliki slot eksternal untuk sd card, sehingga tempat penyimpanan satu-satunya yang dapat anda gunakan hanya memori internal saja (memori ponsel) atau menguploadnya ke layanan cloud seperti dropbox atau google drive. Meskipun mudah layanan cloud tetap memiliki batasan tertentu dan banyak yang perlu dikorbankan seperti biaya perbulan (jika premium), lalu kuota internet, dan waktu saat proses uploading. Sehingga anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk menyimpan data secara efektif dan efisien di memori internal ponsel anda.

Memori internal ponsel menyimpan hampir seluruh data yang anda simpan setiap hari, seperti file sistem android, lagu, video, media whatsapp, foto dan dokumen lain. Sehingga menjaga agar memori internal tidak penuh perlu anda lakukan, salah satu caranya adalah dengan mengkompresi foto-foto yang anda simpan di ponsel sehingga size datanya bisa menjadi lebih ringan (kecil) yang akan berdampak pada mengurangnya pemakaian memori internal. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi bernama Photo Compress App yang bisa anda unduh secara gratis di play store.

Pertama anda perlu mengunduh aplikasi photo compress di play store, aplikasi ini cukup banyak digunakan sehingga memiliki kredibilitas yang tidak perlu diragukan lagi sebagai aplikasi pengompres foto.

Setelah di instal, buka aplikasi tersebut lalu anda akan ditawarkan opsi untuk “Pick an image from gallery”, “camera” atau “compress multiple photos”. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, lalu pilih salah satu dari ketiga opsi tersebut. Kami menyarankan anda memilih opsi paling terakhir, sehingga proses kompresi foto bisa dilakukan dengan cepat pada beberapa foto sekaligus.

Setelah anda menentukan foto mana yang akan anda kompres, selanjutnya akan muncul tiga opsi lagi yaitu compress image, resize image, lalu crop image. Jika anda ingin melakukan pengurangan size (kompres) pilih opsi pertama, mengubah ukuran ada pada di opsi ketiga, dan memotong bagian dari sebuah foto pilih opsi ketiga.

Pada menu compress, akan muncul beberapa opsi lagi. Opsi ini menawarkan kepada anda kualitas yang diinginkan dari output hasil kompres foto, entah itu rendah, sedang, tinggi. Pilih sesuai selera anda dan lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu klik tombol compress, dan selesai.

Hasil foto yang di kompres akan muncul di gallery ponsel anda, foto yang di kompres akan memiliki size lebih kecil dari aslinya. Kualitas hasil kompres oleh aplikasi ini cukup baik, foto masih terlihat jelas layaknya aslinya. Selamat mencoba.