Begini Cara Backup Data Game Android Tanpa Root

Jika anda sering bermain games di android, anda pasti tidak ingin kalau suatu saat save file dari game yang anda mainkan hilang atau corrupt. Untuk itu kami akan membahas bagaimana cara melakukan backup data game di Android tanpa root dengan menggunakan Helium.

Helium merupakan aplikasi yang sangat berguna di Android yang membuat anda bisa melakukan back up dan restore data pada device android yang anda miliki. Berbeda dengan aplikasi back up popular lain seperti Titanium Backup, Helium bisa digunakan untuk back up tanpa harus melakukan root pada Android anda.

Anda dapat mengunduh aplikasi Helium secara gratis di Google Play Store.

Fitur dan Antarmuka

1

Helium memiliki beragam opsi dalam membackup data pada device android anda. Setelah anda membuka aplikasi Helium, anda akan disuguhkan pop-up yang meminta perizinan pemilik Android untuk login menggunakan akun Google sehingga data back up secara langsung di kirim ke layanan Google Drive.

Setelah proses login selesai, Helium akan melakukan cek apakah device anda sudah di root atau belum. Meskipun device anda belum di root, Helium akan tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Antarmuka Helium sangat sederhana dan mudah digunakan, terdapat dua tabs utama yaitu tab Backup dan tab untuk Restore atau Sinkronisasi.

2

Pada tab Backup, dibagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah aplikasi yang berkaitan dengan sistem pada device, kedua adalah aplikasi pihak ketiga yang sudah anda unduh. Baik sistem data maupun aplikasi pihak ketiga datanya bisa di back up oleh Helium. Sementara itu ada beberapa aplikasi pada bagian ketiga yang tidak bisa di backup karena pihak pengembang aplikasi tersebut tidak mengijinkannya (give permissions).

Sementara pada tab Restore dan Sync, anda bisa melihat layanan dimana anda bisa menyimpan data back up. Terdapat tiga layanan utama diantaranya adalah Dropbox, Box, dan Google Drive. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga layanan tersebut yang menurut anda cocok dan biasa anda gunakan. Selain layanan cloud, anda juga bisa melakukan back up pada memori eksternal (SD).

Back Up Data

Untuk melakukan back up data pada setiap aplikasi maupun games, anda bisa dengan mudah memilih aplikasi mana yang ingin di back up pada tab Backup. Data yang di back up tidak hanya datanya saja, bisa juga dengan apk nya.

Jika anda memilih untuk melakukan back up data saja, pada saat restore nanti anda akan diminta untuk melakukan download aplikasi terkait data yang anda restore. Agar lebih cepat, anda bisa menceklis beberapa aplikasi sekaligus.

Setelah dirasa cukup, tap tombol Backup. Lalu pilih kemana data akan disimpan.

Restore Data

3

Untuk melakukan restore data, terlebih dahulu pilih tab Restore and Sync lalu pilih aplikasi mana saja yang akan anda restore. Setelah itu cukup tap tombol Restore pada pojok kanan bawah.

Ya menurut kami aplikasi ini sangat begitu berguna untuk membackup data game yang anda mainkan, sehingga anda tidak perlu kuatir lagi akan kehilangan data game sewaktu-waktu.