Apa sih Itu Root? – Kelebihan dan Kekurangan Root hp Android

Kelebihan kekurangan root android – kali ini Blog Hiqam akan membahas pengetian apa itu root beserta kelebihan dan kelemahan smartphone android jika di root. Rasanya banyak sekali yang harus di ulas kalau masalah si Robot Ijo ini. Karena sistemnya sendiri menggunakan Linux yang bisa menerima semua aplikasi apa saja yang di Instal di Dalamnya. Namun masih banyak juga aplikasi yang belum suport lho, dikarenakan perlu yang namanya hak akses penuh (Root).

Gambar oleh Instagram.com/Isnanprasetyo

Kalau sobat belum tahu apa sih itu Root dan tujuannya root android untuk apa, maka Blog Hiqam akan mengulasnya pada artikel ini dengan jelas supaya teman-teman tahu apa itu pengertian Root dan manfaatnya root HP Android. Kita mulai dengan apa itu Root atau pengertian Root pada Android.

Pengertian Apa Itu Root Android

Root android merupakan sebutan untuk sebuah sistem android yang memiliki Hak akses penuh, karena bisa support dengan semua aplikasi yang sebelumnya tidak support sama sekali ketika belum di Root. Root ini adalah sebuah hak akses yang diberikan kepada para pengguna android jika ingin mendapatkan Hak akses secara penuh. Layaknya para karyawan android yang sudah memiliki Hak akses akan perusahaannya sendiri. Berbeda dengan Mode developer atau mode pengembang. karena Root ini memang bisa memberikan hak akses penuh kepada penggunanya untuk Memulai Oprek-oprek smartphone mereka sendiri. Dengan kata lain, kita dapat memodifikasi HP kita secara leluasa seperti mengganti Booting menggunakan animasi lain, mengganti icon sinyal HP, dan mengganti tampilan icon baterai Android. Kemudian untuk mendapatkan support dari aplikasi lain dengan cara di root misalkan aplikasi membobol WIFI Dan lain sebagainya yang hanya support setelah HP di Root. kesimpulannya, Root android bisa membuat smartphone lebih optimal lagi untuk sistem dan kinerjanya.

Kelebihan dan Kelemahan Smartphone yang diroot

Untuk kelebihannya sendiri, yang pasti sangat banyak dan juga bagus untuk mengoptimalkan sebuah smartphone. Ingin tahu apa saja kelebihan dari Root android jika smartphone sobat di Root? ini dia kelebihan jika smartphone Android di root:

  1. Support dengan aplikasi yang sebelumnya belum support sama HP kita. Misalnya saja, Openvpn, Terminal Emulator dan Aplikasi lainnya yang mengharuskan HP kita di Root dulu.
  2. Kemudian yang kedua, kinerjanya bakal 2 kali lipat lebih cepat dari biasanya sebelum di Root.
  3. Sobat bisa memodifikasi semua sistem android . Mulai dari ROM, Kemudian RAM, dan masih banyak lagi yang bisa sobat lakukan. Intinya hak akses penuh yang sobat dapatkan.

Kita sudah berbicara mengenai Kelebihannya. bagaimana dengan kelemahannya sendiri? Berikut kelemahan dari Android yang sudah diroot.

  1. Yang pertama sobat akan kehilangan garansi dari Smartphone android. Misalkan sobat membeli Smartphone android dan mendapatkan garansi resmi atau Distributor, kemudian sobat mencoba untuk melakukan root dan berhasil. Maka secara otomatis garansi akan hilang dan jika sobat memperbaikinya di gerai resmi, maka dipastikan sobat tidak bisa memperbaikinya dengan gratis dan harus mengeluarkan biaya. Karena kerusakan akibat Root diluar tanggung jawab dari vendor smartphone tersebut. Kecuali kalau yang rusak pada bagian hardware nya, maka sobat masih bisa melepas hak akses penuh sobat dengan cara unroot smartphone android.
  2. Kelemahan yang kedua, HP sobat bisa mengalami Bootloop. Apa itu Bootloop? yaitu kondisi dimana smartphone sobat mati total akibat gagal melakukan Root dan akhirnya tidak bisa terkoneksi dan mati total tanpa beroperasi sama sekali. Hal ini sering terjadi pada pengguna yang belum terlalu paham dengan cara melalukan Root yang benar.

Demikian ulasan tentang kelebihan serta kelemahan dari Root android ini. Bagaimana sobat? kalau sudah tahu kelebihan dan kekurangan Root dan ingin me-root HP sobat, silahkan baca tutorialnya di cara Root android tanpa PC..